Pertamina Prediksi Konsumsi BBM Jenis Pertalite di Nusa Tenggara Timur Akan Naik Selama Lebaran

- 2 April 2024, 07:59 WIB
Pertamina Prediksi Konsumsi BBM Jenis Pertalite di Nusa Tenggara Timur Akan Naik Selama Lebaran
Pertamina Prediksi Konsumsi BBM Jenis Pertalite di Nusa Tenggara Timur Akan Naik Selama Lebaran /ilustrasi/

LABUAN BAJO TERKINI- Pertamina memproyeksikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite akan mengalami kenaikan pada libur Lebaran mendatang.

Menurut proyeksi PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatim Bali Nusa Tenggara (Jatimbalinus) kenaikan untuk BBM jenis ini diprediksi sebesar 3,2 persen dari konsumsi normal harian sebesar 1.017 kiloliter saat Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pejabat Sementara Executive GM Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Deny Sukendar dalam konferensi pers daring kesiapan Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 2024 Regional Jatimbalinus Senin, (1/4/2024) mengatakan, pihaknya telah melakukan serangkaian proyeksi dan kalkulasi terhadap konsumsi BBM pada masa Ramadhan hingga arus mudik dan balik dibandingkan dengan konsumsi normal pada Januari 2024 di wilayah Jatimbalinus, termasuk NTT.

Baca Juga: Pertamina Sebut Konsumsi Minyak Tanah Selama Natal di NTT Meningkat

"Untuk wilayah NTT kenaikannya sebesar 3,2 persen khusus untuk gasoline. Secara keseluruhan di Jatimbalinus proyeksi kenaikan konsumsi sebesar 11,8 persen dari rata-rata normal harian 18.225 kiloliter," katanya.

Sementara itu, untuk jenis BBM gasoil jenis Solar, pihaknya memproyeksi mengalami penurunan konsumsi di NTT sebesar 5,3 persen dari konsumsi normal 399 kiloliter per hari.

Untuk penggunaan BBM khusus angkutan laut, kata dia, Pertamina Patra Niaga memprediksi juga mengalami penurunan konsumsi sebesar 17,73 persen dari rata-rata konsumsi harian sebesar 75,15 kiloliter.

Sementara itu, konsumsi Avtur di sejumlah bandara di NTT diprediksi akan mengalami kenaikan sebesar 14,4 persen dari konsumsi 87,77 kiloliter per hari.

"Untuk wilayah NTT, kita juga siapkan 13 SPBU siaga nontol untuk memenuhi kebutuhan pemudik," ujar dia.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x