BMKG Imbau Masyarakat NTT Agar Waspada Bencana Selama Peralihan Musim

- 31 Maret 2024, 09:49 WIB
BMKG Imbau Masyarakat NTT Agar Waspada Bencana Selama Peralihan Musim
BMKG Imbau Masyarakat NTT Agar Waspada Bencana Selama Peralihan Musim /HO-Timotius Nesanto

LABUAN BAJO TERKINI- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk tetap waspada dengan bencana alam selama musim pancaroba.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Eltari Kupang, Sri Nenotek mengatakan, pada masa pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, sering adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat petir dan angin kencang berdurasi singkat.

"Waspada bencana, karena wilayah NTT saat ini berada dalam periode masa peralihan dari periode musim hujan ke musim kemarau," kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang Sti Nenotek dari Kupang, Sabtu, (30/3/2024).

Baca Juga: BMKG Ingatkan Warga untuk Waspada Gelombang Tinggi Saat Ngabuburit di Pantai

Di masa peralihan seperti sekarang ini kata Sti hujan sedang hingga lebat terjadi karena disebabkan suhu permukaan laut yang hangat dan kelembapan yang cukup basah di tiap lapisan atmosfer.

Sti berpesan agar masyarakat mewaspadai adanya potensi bencana, seperti angin kencang berdurasi singkat, puting beliung, hujan secara sporadis dalam durasi singkat yang bersifat lokal, lalu banjir dan tanah longsor.

Masyarakat juga diingatkan untuk mewaspadai potensi dampak sambaran petir, pohon tumbang, dan baliho roboh.

Ia meminta masyarakat tetap tenang, namun selalu waspada terhadap potensi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi, khususnya bagi masyarakat yang tinggal dan berada di daerah rawan bencana.

Baca Juga: BMKG Beberkan Penyebab Gempa Bumi Besar yang Mengguncang Kupang Pekan Lalu

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah