Warga Boleng Manggarai Barat Keluhkan Jaringan, Ada Tower Tapi Tidak Berfungsi

- 15 Februari 2023, 15:45 WIB
Warga Boleng Manggarai Barat Keluhkan Jaringan, Ada Pemancar Tapi Tidak Berfungsi
Warga Boleng Manggarai Barat Keluhkan Jaringan, Ada Pemancar Tapi Tidak Berfungsi /Ilustrasi Tower/

LABUAN BAJO TERKINI- Belum optimalnya jaringan telekomunikasi di Kampung Kokor Desa Tanjung Boleng, Kecamatan Boleng Kabupaten Manggarai Barat, NTT kembali dikeluhkan masyarakat.

Menurut penuturan warga setempat pembangun tower milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) di kampung itu telah dibangun pada bulan Oktober 2022 lalu, namun hingga kini belum juga berfungsi.

"pembangunan tower nya kemarin kalau tidak salah pas bulan Oktober 2022 lalu, tapi hingga sekarang belum juga berfungsi," ujar Gaspar kepada media ini, Senin (13/2/2023) di Kampung Kokor.

Baca Juga: Ada 170 Sasaran, Berikut Daftar Lokasi Desa Penerima Bantuan Rumah Layak Huni di Manggarai dari APBD Tahun Ini

Ia mengaku kecewa dengan kondisi tersebut. Setiap kali hendak memanfaatkan telepon seluler untuk berkomunikasi dengan keluarga di tempat yang jauh dan mengakses internet, Gaspar harus mendatangi dermaga kayu di dekat kampung tersebut.

Hanya di dermaga kayu tepi pantai itulah, ia dan warga lainnya di Dusun Kokor bisa mendapat sinyal itupun tidak maksimal.

"Sejak awal, kami memang belum merasakan jaringan sama sekali. Selama ini kami jika berkomukasi dengan keluarga harus mencari titik sinyal (dermaga kayu) yang jaraknya sekitar hampir 1 km dari kampung," katanya.

"Yang paling sulit itu ketika saat keluarga sementara sakit, baik yang berada di Kampung ini sendiri maupun keluarga yang berada di tempat yang jauh," katanya menambahkan.

Berbeda dengan Gaspar, salah seorang tenaga pengajar, Patris di Kampung Kokor mengaku kesulitan mendapatkan jaringan. Menurutnya, mengakses sinyal di kampung tersebut harus dibayar mahal oleh warga maupun bagi lembaga pendidikan.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x