Hasil Studi Terbaru: Olahraga Dapat Menurunkan Tingkat Stres di Otak

- 25 April 2024, 16:01 WIB
Hasil Studi Terbaru: Olahraga Dapat Menurunkan Tingkat Stres di Otak
Hasil Studi Terbaru: Olahraga Dapat Menurunkan Tingkat Stres di Otak /pexels.com/@istvanpszabo

LABUAN BAJO TERKINI- Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga  dapat menenangkan dan menurunkan tingkat stres di otak. Kondisi ini sangat baik bagi kesehatan jantung orang-orang dengan riwayat depresi.

Seperti dikutip dari laman United Press International, Kamis (18/4/2024), studi dilakukan oleh tim dari Rumah Sakit Umum Massachusetts (MGH) di Boston, Amerika Serikat. Hasilnya telah dipublikasikan awal pekan ini di Journal of American College of Cardiology.

"Aktivitas fisik kira-kira dua kali lebih efektif dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular di antara mereka yang mengalami depresi," ujar penulis utama studi yang merupakan ahli jantung dari Pusat Penelitian Pencitraan Kardiovaskular di MGH, Ahmed Tawakol.

Baca Juga: Termasuk Kegiatan Fotografi, Berikut Rekomendasi Aktivitas yang Bisa Dilakukan untuk Jaga Kesehatan Mental

Dalam penelitiannya, Tawakol dan tim melihat median data lebih dari 50 ribu orang yang terdaftar di database Mass General Brigham Biobank selama 10 tahun. Sebanyak 774 peserta juga menjalani pemindaian otak dan tes lain yang mengukur aktivitas otak yang terkait dengan stres.

Selama satu dekade masa tindak lanjut, hampir 13 persen peserta mengidap penyakit jantung. Namun, peserta yang memenuhi rekomendasi standar untuk aktivitas fisik memiliki kemungkinan 23 persen lebih kecil untuk mendapat diagnosis tersebut.

Kelompok peserta itu pun memiliki aktivitas otak terkait stres yang lebih rendah dibandingkan orang-orang yang kurang berolahraga. Secara khusus, orang yang lebih bugar cenderung memiliki lebih sedikit aktivitas terkait stres dalam pengambilan keputusan di otak, pusat kendali impuls, di korteks prefrontal.

Secara keseluruhan, menurunkan tingkat stres memang memiliki peran besar dalam meningkatkan kesehatan jantung. Dengan berolahraga, akan sangat membantu kondisi jantung pada orang-orang dengan riwayat depresi.

"Efek pada aktivitas otak yang berhubungan dengan stres mungkin menjelaskan pengamatan baru ini," ucapnya.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah