9 Pemkab di NTT ini Sudah Terapkan Transaksi Elektronik untuk Pembayaran Retda dan Pajak

- 23 Januari 2023, 06:07 WIB
9 Pemkab di NTT ini Sudah Terapkan Transaksi Elektronik untuk Pembayaran Retda dan Pajak
9 Pemkab di NTT ini Sudah Terapkan Transaksi Elektronik untuk Pembayaran Retda dan Pajak /Labuan Bajo Terkini/Pixabay

LABUAN BAJO TERKINI- Sebanyak 9 Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur kini menerapkan transaksi secara elektronik untuk pembayaran pajak dan Retribusi Daerah (Retda).

Elekronifikasi transaksi oleh beberapa Pemkab ini mendapat apresiasi dari Bank Indonesia Perwakilan NTT.

Asisten Direktur Kantor Perwakilan BI NTT Daniel Agus Prasetyo mengatakan, 9 Kabupaten yang telah menerapkan elektronifikasi transaksi ini menjadi salah satu indikator Nilai indeks elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (IETPD) di Provinsi Kepulauan itu berkembang positif.

Baca Juga: Salah Paham dan Paham yang Salah, Renungan Harian Katolik Senin 23 Januari 2023

"Nilai indeks elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (IETPD) seluruh pemda di NTT menunjukkan perkembangan positif, sudah terdapat 9 dari 23 pemda di NTT yang masuk kategori digital per Januari 2023,"kata Daniel Agus Prasetyo melalui keterangan tertulis di Kupang, Minggu 22 Januari 2023.

Adapun 9 Pemkab yang telah menjalankan elektronifikasi transaksi yaitu Kota Kupang, Kabupaten Manggarai Barat, Ende, Ngada, Rote Ndao, Nagekeo, Belu, Alor, dan Sumba Tengah.

Prasetyo menjelaskan, elektronifikasi transaksi Pemkab dijalankan dalam pembayaran pajak dan retribusi melalui berbagai kanal seperti variasi kanal pembayaran pajak dan retribusi seperti QRIS, ATM, EDC, ataupun e-commerce, selain itu juga menerapkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) secara daring.

Ia menjelaskan, salah satu pendorong elektronifikasi ini adalah sudah terintegrasi cash management system (CMS) dengan sistem keuangan pemda.

Meningkatnya elektronifikasi transaksi pemda di NTT, kata dia, sejalan dengan strategi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Digitalisasi ekonomi dan keuangan merupakan salah satu kunci dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani

Sumber: ANTARA


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x