Wagub Naesoi: Tenun Ikat Itu Kekayaan Intelektual Perempuan-perempuan di NTT

- 23 Maret 2021, 10:21 WIB
Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi/Antara
Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi/Antara /

LABUAN BAJO TERKINI- Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi menyebut tenun ikat di NTT merupakan kekayaan intelektual perempuan di NTT dan bukan sekedar kerajinan tangan yang diwariskan dari leluhur semata.

DemBaca Juga: Puluhan Tahun Menetap di Bali, Dua WNA Ini Diambil Sumpah jadi WNIikian disampaikan Wagub Nae Soi saat meninjau persiapan festival tenun 2021 yang akan digelar hingga rabu 24 Maret 2021.

"Tenun ikat itu merupakan karya tangan dan juga kekayaan intelektual perempuan-perempuan di NTT yang memang sudah diwariskan turun temurun oleh nenek moyang," katanya di Kupang, mengutip Antara.

Baca Juga: Puluhan Tahun Menetap di Bali, Dua WNA Ini Diambil Sumpah jadi WNI

Menurut mantan anggota DPR RI Fraksi Golkar ini, karya tangan dan kekayaan intelektual tenun NTT saat ini sudah mendunia dan mampu mengangkat harkat dan martabat masyarakat NTT.

Hal ini jelas dia, terbukti dari motif yang terdapat dalam tenun itu sendiri yang menunjukkan betapa kayanya imajinasi kaum perempuan khususnya nenek moyang masyarakat NTT dulu.

"Tentunya mama-mama kita dulu mempunyai wawasan yang luas dan imajinasi yang sangat bangus yang kemudian dituangkan dalam karya-karya tangannya di atas kain tenun," jelas Nae Soi.

Menurut dia, sebagai kekayaan intelektual dan merupakan aset, maka penting karya tenun di NTT mulai dipatenkan.

 

Halaman:

Editor: Silvester Yunani

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X