Wapres Ma'ruf Ikut Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama

- 1 April 2021, 17:31 WIB
Wapres Ma'aruf Amin/ANTARA
Wapres Ma'aruf Amin/ANTARA /

LABUAN BAJO TERKINI- Wakil Presiden Republik Indonedia, Ma’ruf Amin mengikuti perayaan Paskah Lintas Umat Beragama Tahun 2021 bersama Persekutuan Gereja Gereja di Tanah Papua dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua, Kamis.

Dalam sambutan yang disampaikan secara daring dari Jakarta, Wapres Ma’ruf memberikan pesan kebangsaan bahwa kesepakatan nasional untuk hidup berdampingan dengan rukun antarsesama umat beragama di Indonesia harus dijaga dan dirawat.

"Kita wajib menjaga dan merawat kesepakatan nasional itu, antara lain dengan menghormati kebhinnekaan yang ada dengan menjaga persatuan nasional. Kebhinnekaan kita merupakan pondasi, kekayaan sekaligus kekuatan eksistensial negara dan bangsa Indonesia,” kata Wapres.

Baca Juga: Operasi Samana Santa Ranakah 2021, Kapolda NTT Tinjau Pengamanan Gereja di Kota Kupang

Pancasila, sebagai dasar negara, merupakan kesepakatan yang disusun oleh para pendiri bangsa untuk mengakomodasi keberagaman karakter seluruh rakyat Indonesia, tegasnya.

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa walaupun Indonesia merupakan negara berpenduduk mayoritas muslim, bahkan yang terbesar di dunia; namun Indonesia bukanlah negara Islam,” tutur-nya.

Wapres juga mengapresiasi para pemuka agama dan FKUB yang telah berperan dalam menjaga keselarasan dan persatuan antarumat beragama di berbagai daerah.

Apabila kemajemukan dan keberagaman di seluruh daerah tidak dijaga oleh para pemuka agama dan FKUB, maka potensi perpecahan akan terjadi di Indonesia.

Baca Juga: PLN NTT Gandeng Brimob Gelar Simulasi Tanggap Darurat Ancaman Teror

Halaman:

Editor: Silvester Yunani

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X