Dihantam Ombak, Tanggul Penahan di Pulau Messah Manggarai Barat Roboh

- 4 April 2021, 13:51 WIB
Kapal tenggelam akibat diterjang angin dan gelombang laut/Labuanbajo Terkini
Kapal tenggelam akibat diterjang angin dan gelombang laut/Labuanbajo Terkini /

LABUAN BAJO TERKINI - Gelombang setinggi tiga meter melanda Pulau Messah Desa Pasir Putih, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Jumat (2/4/2021).

Kaur Pemerintahan Desa Pasir Panjang Pulau Messah, Halakim menjelaskan peristiwa tersebut mengakibatkan rumah, kapal milik warga serta dermaga umum rusak.

Ia mengatakan gelombang tinggi menyebabkan tanggul penahan bagian barat jebol.

Baca Juga: BPKN Dorong Penggunaan GeNose C19 Secara Massal

Baca Juga: Longsor di Flores Timur, 10 Orang Dikabarkan Meninggal Dunia

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Ikut Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama

Akibatnya ombak tinggi langsung menerjang rumah warga hinggah mengakibatkan puluhan rumah tergenang air setinggi lutut orang dewasa dan empat unit rumah warga rusak berat.

Gelombang tinggi ini juga menyebabkan terminal dermaga bagian selatan roboh dan empat unit kapal hancur total. Angin kencang juga membuat nelayan takut untuk melaut.

"Kondisi angin kencang serta gelombang tinggi berlangsung hinggah malam hari, kondisi ini juga membuat nelayan takut untuk melaut," ujarnya.

Warga Pulau Messah, Rasuing menjelaskan kondisi gelombang tinggi mencapai tiga meter merupakan peristiwa pertama kali terjadi di Pulau Messah.

Tnggul penahan yang sudah jebol membahayakan warga sekitar.

Ia menjelaskan kejadian seperti ini memang terjadi setiap tahun, namun tahun ini justru sangat membahayakan warga.

"Biasanya tahun - tahun kemarin hanya sekitar dua meter saja ini yang paling berbahaya," katanya.

Warga lainya, Juliana mengaku rumahnya mengalami rusak berat akibat hantaman ombak. Kondisi ini pun membuat ia bersama keluarga merasa takut dan khawatir adanya ombak susulan yang lebih besar.

"Rumah saya bagian belakangnya rusak berat karena ombak, hingga sampai pada malam hari ini kami sekeluarga tidak tenang, takut ada kejadian susulan. Kami berharap semoga secepatnya ada perhatian dari pemerintah," ujarnya

Warga berharap perhatian dari pemerintah daerah, khususnya terkait penanganan tanggul yang sudah jebol serta perhatian akan rumah - rumah warga serta kapal nelayan yang rusak karena terjangan ombak.

"Untuk sementara belum ada tindakan dari Pemerintah Daerah setempat dan kami berharap agar instansi terkait mengambil langkah untuk memulihkan keadaan masyarakat yang di landa bencana saat ini di Desa Pasir Putih," pinta Halakim.

Editor: Nansianus Taris


Tags

Terkini

X