Kemenparekraf Luncurkan BEDIL 2022 di Labuan Bajo

- 7 April 2022, 09:32 WIB
Konferensi Pers Peluncuran BEDIL di Labuan Bajo
Konferensi Pers Peluncuran BEDIL di Labuan Bajo /Labuan Bajo Terkini/Elvis

LABUAN BAJO TERKINI- Dalam rangka percepatan proses digitalisasi produk dan jasa subsektor ekonomi kreatif serta bertransformasi digital, program Baparekraf Digital Innovation Lab (BEDIL) diluncurkan pertama kali pada tahun ini di Labuan  Bajo, Manggarai Barat,NTT Kamis 7 April 2022.

BEDIL diinisiasi oleh Direktorat Tata Kelola Ekonomi Digital, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurut Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital, Selliane Halia Ishak, peluncuran BEDIL yang digelar di Hotel La Prima Labuan Bajo ini  tujuan bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri kreatif  digital berupa memberikan mentoring atau inkubasi tentang transformasi digital kepada pelaku ekonomi kreatif subsektor kriya, musik, dan seni pertunjukan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas(DPSP) Labuan Bajo; serta mendukung penguatan ekosistem ekonomi digital di Indonesia melalui engagement dan on boarding pelaku ekraf ke dunia digital.

Baca Juga: Waterfront Labuan Bajo, Ikon Baru yang Siap Dipakai Sebagai Ruang Publik

"Tujuan dan target ini yang menjadi keinginan kami untuk dapat dicapai melalui program BEDIL, " kata Ishak.

Dia menjelaskan, BEDIL saat ini menyasar pelaku di 5 DPSP, program ini menjadi pendampingan tepat guna, sesuai best practice
dari para mentor di industri kreatif terkait.

Pendampingan meliputi aspek-aspek mengembangkan ide, menguasai infrastruktur pendukung konten, hingga pengetahuan platform monetisasi yang tengah menjanjikan saat ini.

Agar 74 pelaku ekraf dapat selekasnya berlaga di dunia digital, BEDIL dimulai pada 7 April
2022 hingga akhir bulan ini. Selanjutnya para pelaku ekraf akan terus mendapat pantuan dari para mentor untuk evaluasi gerak dan kesungguhan pelaku ekraf tersebut berkarya dan mendapatkan nilai ekonomi di dunia digital.

“Melalui program BEDIL, para peserta diharapkan bisa meningkatkan pendapatan dengan cara memasarkan produk melalui kanal digital yang ada, seperti media sosial, e-commerce, dankanal digital lainnya, serta ikut berkontribusi dalam digitalisasi sektor UMKM di Indonesia”, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Sandiaga Salahuddin Uno, di peluncuran BEDIL 2022.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x