Tanaman Pisang Diserang Penyakit Darah? Lakukan Pencegahan dengan Beberapa Tips Ini

- 23 Januari 2023, 11:29 WIB
Tanaman Pisang Diserang Penyakit Darah? Lakukan Pencegahan dengan Beberapa Tips Ini
Tanaman Pisang Diserang Penyakit Darah? Lakukan Pencegahan dengan Beberapa Tips Ini /Elvis/Labuan Bajo Terkini

LABUAN BAJO TERKINI- Penyakit darah telah menciptakan keresahan bagi masyarakat. Penyakit yang oleh para ahli menyebutnya dengan blood disease of banana (BDB)ini telah membawa ancaman bagi pembudidaya sekaligus para pelaku usaha yang bergantung pada pisang.

Mengutip   laman resmi Kementan RI, penyakit darah pada pisang disebabkan oleh bakteri patogen tanaman yang disebut Ralstonia solanacearum ras 2, P. celebensis atau Banana Blood Disease (BDB).

Penyakit darah memiliki gejala diantaranya gejala luar yaitu terjadinya penguningan daun pada daun yang telah membuka penuh.

Baca Juga: Virus Flu Babi Afrika Kembali Meneror, Pemkab Kupang Imbau Hal ini Kepada Masyarakat

Pada tanaman dewasa, pangkal daun akan patah, sehingga daun akan menggantung di sekitar batang. Pada anakan akan menunjukkan gejala layu, meskipun infeksinya tidak selalu sistemik. Seringkali tanaman sakit dapat menghasilkan anakan yang sehat.

Pada tanaman pisang yang sudah menghasilkan buah jika jantung pisangnya masih ada akan tampak mengering dan mengkerut serta menghitam.

Gejala dalam pada penyakit darah pada pisang yaitu apabila batang dipotong akan tampak pada pembuluh vaskularnya adanya nekrosis yang berwarna merah kecoklatan.

Selain itu juga dari bagian yang dipotong akan keluar lendir bakteri yang berwarna putih sampai coklat kemerahan atau kehitaman.

Apabila dilihat dari luar, buah pisang yang terserang penyakit darah seringkali tampak sehat.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x