Dekat dengan Masyarakat, Tokoh Adat di Poco Leok Sebut PLN Seperti Anak Sendiri

- 15 Maret 2024, 18:24 WIB
Pemanfaatan Lahan Kosong menjadi Lahan Hortikultura di Desa Lungar melalui Program TJSL PLN
Pemanfaatan Lahan Kosong menjadi Lahan Hortikultura di Desa Lungar melalui Program TJSL PLN /Labuan Bajo Terkini

LABUAN BAJO TERKINI- Rencana pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu unit 5-6 di Poco Leok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang diamanatkan kepada PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) semakin memperat hubungan kekeluargaan antara masyarakat sekitar dengan perusahaan.

Tokoh adat Desa Wewo, Petrus Mada Ragat, bahkan menyebut hubungan antara masyarakat adat Poco Leok dengan PT PLN (Persero) layakanya orangtua dan anak yang saling membutuhkan dan saling melengkapi satu sama lain.

"Sejak awal kami menerima secara adat. Dan, pihak PLN sudah menerima adat dari kami. Sangat luar biasa. (Sekarang) Kami menganggap orang PLN itu sudah seperti anak kami," ucap Petrus Mada Ragat.

Baca Juga: Banyak Sektor Potensial di Sekitar Kawasan Pengembangan PLTP Ulumbu, PLN UIP Nusra Serap Aspirasi Warga

Petrus Mada Ragat beserta masyarakat Desa Wewo terharu menyaksikan pihak PT PLN (Persero) UIP Nusra dengan hikmat dan penuh hormat menjalankan setiap proses adat yang berlaku di Desa Wewo, seperti adat tabe gendang.

"Kami sampaikan dengan menerima adat seperti ini, jangan khawatir lagi. kita anggap PLN sebagai orang Wewo. Dengan sosialisasi seperti ini kami bangga sekali, berarti kami tahu pihak PLN menghargai kami masyarakat Desa Wewo," lanjut Petrus Mada Ragat.

Bukan hanya Petrus, warga Gendang Lelak, Yohanes Haman, bahkan getol mendukung proyek pengembangan PLTP Ulumbu 5-6 di Poco Leok. Menurutnya banyak dari rumah tangga, khususnya di Gendang Lelak, yang mendambakan listrik PLN.

"Proyek ini akan banyak membawa kebaikan bagi masyarakat Gendang Lelak. Bahkan, dengan kehadiran proyek ini bisa membuka lapangan pekerjaan bagi anak-anak kami ke depannya," kata Yohanes Haman.

Di samping menjalankan visi pemerintah dalam upaya mencapai net-zero emission (NZE) pada 2060 melalui pembangkit berbasis energi baru terbarukan (EBT) PLTP Ulumbu di wilayah panas bumi, Flores, PT PLN (Persero) UIP Nusra juga aktif membaur, beradaptasi, dan berkontribusi dalam peningkatan potensi wilayah Poco Leok melalui program-program corporate social responsibility (CSR).

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah