Tepati Janji Kampanye, Prabowo Diprediksi Akan Gandeng Semua Parpol

- 30 Maret 2024, 18:45 WIB
Tepati Janji Kampanye, Prabowo Diprediksi Akan Gandeng Semua Parpol
Tepati Janji Kampanye, Prabowo Diprediksi Akan Gandeng Semua Parpol /Antara/M. Risyal Hidayat/

LABUAN BAJO TERKINI- Presiden terpilih Prabowo Subianto diprediksi akan merangkul semua partai politik sebelum ia resmi dilantik menjadi presiden.

Hal tersebut disampaikan oleh Pengamat politik yang merupakan Peneliti Utama Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Prof R Siti Zuhro yang mengomentari safari politik Prabowo Subianto belakangan ini.

Menurut dia, jika Prabowo berhasil merangkul partai-partai untuk mendukungnya maka posisi politik Ketua Umum Partai Gerindra itu bakal sangat kuat di pemerintahan. Dia pun menilai kini komunikasi politik dengan partai lain sudah dilakukan oleh kubu Prabowo.

Baca Juga: AHY Sebut Prabowo Beri Sinyal Agar Kader Demokrat Siap Masuk Kabinet

"Setelah berhasil berkomunikasi dengan Partai Nasdem, Prabowo ingin melanjutkan safarinya ke PDI Perjuangan dan PPP" kata Zuhro saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan saat ini posisi dan peran politik PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu 2024 harus diperhitungkan oleh Prabowo. Dengan merangkul partai pemenang, dia mengatakan Prabowo bakal menjalankan model executive heavy.

"Posisi Prabowo akan sangat kuat, model executive heavy yang membuat semua kebijakan presiden baru nanti didukung DPR, kata dia.

Model politik tersebut, menurut dia, bakal membuat kebijakan-kebijakan presiden nantinya selalu lancar tanpa ada rintangan-rintangan ketika akan diuji di lembaga legislatif atau DPR.

Sebelumnya pada Jumat (22/3), Prabowo Subianto menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh setelah dinyatakan unggul dalam pemilu 2024 oleh KPU. Dalam kesempatan itu, Prabowo pun mengatakan pihaknya selalu mengajak Partai NasDem secara politik.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah