Jaghur Stefanus, Orang Baik Yang Terlalu Cepat Pergi

- 28 April 2022, 19:01 WIB
Alfred Tuname
Alfred Tuname /Dokumen Pribadi/

LABUAN BAJO TERKINI- Rabu, tanggal 30 Maret 2022, malam, tersiar kabar duka tentang sang wakil bupati. Kabar itu seperti sepoi angin malam, lian lama kian riuh. Dari sekadar samar menuju berita jelas-terang. Jaghur Stefanus, Wakil Bupati Manggarai Timur dinyatakan telah meninggal dunia di RS Prof. W.Z. Yohanes di Kupang. 

 

Antara percaya dan tidak percaya, orang baik itu telah pergi selamanya. Manggarai Timur (Matim) berduka. Mereka yang mencintainya tertunduk. Air mata jatuh tanpa sempat terasa mengalir di sisi pipi. Ada yang menahan tangis hingga sesak di dada; ada menangis berteriak tak sanggup menahan kesedihan.    

 

“Bapa Tatan, kenapa kau kasi tinggal saya sendirian…?!” Itu teriak mekas Ande, Bupati Manggarai Timur. Saat itu, ketika ia tiba di depan peti jenazah. Ada tubuh yang pernah gagah, terbaring dingin tak berdaya. Bapak Jaghur Stefanus telah pergi. Bhaktinya sebagai Wakil Bupati Manggarai Timur sudah purna. 

Baca Juga: BREAKING NEWS, Wakil Bupati Manggarai Timur Tutup Usia

Sebagai seorang tokoh Matim, Jaghur Stefanus adalah sosok tegas dan tenang. Karakter itu mengisi hari-harinya baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan pemerintahan. Ada banyak kesan baik sekaligus unik jika kita pernah bertamu ke rumah bapak Stef. Setiap tamu pasti punya kesan menarik sehabis bertamu, baik itu di rumah jabatan wakil bupati maupun di rumah pribadi. 

 

Salah satu contoh, soal minum tradisional berkalkohol, sopi. Bapak Stef selalu punya stok sopi di rumahnya. Ada sopi kobok (:rasanya khas dan keras) dan rendaman serta jenis sopi biasa lainnya. Ia tidak banyak minum, tapi senang melihat para tetamu minum banyak. Mungkin saja ia ingin melihat tamu sedikit mabuk, dan biasanya orang mabuk itu lebih jujur dan terbuka saat berbicara. Kondisi mabuk juga biasanya memangkas sekat-sekat soal dan jabatan. Situasi “egaliter” muncul saat mabuk. 

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x