Tahukah Kamu? Jiwa Patriot Jenderal Sudirman Ternyata Menginspirasi Bangsa Ukraina

- 31 Januari 2022, 12:00 WIB
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia menyaksikan pertandingan Tenis persahabatan dalam rangka merayakan 30 tahun Hubungan kedua Negara
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia menyaksikan pertandingan Tenis persahabatan dalam rangka merayakan 30 tahun Hubungan kedua Negara /ANTARA

LABUAN BAJO TERKINI- Kehebatan Panglima Besar Jenderal Sudirman ternyata tidak hanya dibanggakan bangsa Indonesia saja.

Jiwa patriotik dan semangat Jenderal Sudirman ternyata telah menginspirasi bangsa Ukraina, sehingga sudah diterbitkan prangko bergambar salah satu tokoh pahlawan revolusi kebanggaan Indonesia tersebut.

"Jiwa kepahlawanan Jenderal Sudirman sangat menginspirasi dan ada kemiripan dengan semangat dan jiwa salah satu pahlawan Ukraina," kata Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin, di Denpasar, Sabtu 29 Januari 2022.

Baca Juga: Niat Bantu Ukraina Lawan Rusia, Bantuan Jerman Dijadikan Lelucon

Dengan kemiripan yang dialami kedua bangsa itu, memberi pesan tersendiri bagi warga bangsa. Meskipun dihadapkan pada tantangan besar dan musuh yang kuat, haruslah tetap semangat untuk mengangkat bendera kebangsaan kita.

Menurut Vasyl, selain sosok Jenderal Soedirman, ke depannya juga tidak menutup kemungkinan akan ditampilkan gambar sosok pahlawan Indonesia lainnya di dalam prangko Ukraina.

"Dari sosok Jenderal Sudirman, maka bangsa Ukraina bisa menghargai kepahlawanan yang ada di Indonesia, dan sebaliknya orang Indonesia bisa menghargai, menghormati dan menginspirasi keberadaan pahlawan yang ada di masing-masing negara,"ungkapnya.

Baca Juga: Antisipasi Invasi Rusia ke Ukraina, Inggris Sedang Pertimbangkan Mengirim Pasukan ke Ukraina

Sebelumnya, dalam Peringatan 30 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Ukraina yang diisi dengan pertandingan tenis di kawasan Sanur, Kota Denpasar pada Jumat (28/1) itu, Vasyl mengharapkan hubungan dan kerja sama yang sudah terjalin dengan Indonesia dapat terus ditingkatkan.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

x