SPAM Wae Mese Labuan Bajo, Tercemar Limbah Oli, Ini Penjelasan Dirut PDAM Wae Mbeliling

- 10 Maret 2023, 15:29 WIB
Dirut Perumda Mbeliling dan Kapolsek Komodo mengecek kondisi air yang tercemar limbah oli di Kantor Pusat Perumda Mbeliling Wae Mese II, Labuan Bajo
Dirut Perumda Mbeliling dan Kapolsek Komodo mengecek kondisi air yang tercemar limbah oli di Kantor Pusat Perumda Mbeliling Wae Mese II, Labuan Bajo /Labuan Bajo Terkini

LABUAN BAJO TERKINI- Saluran air baku di sekitar Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Wae Mese Labuan Bajo diduga tercemar limbah oli. Kejadian ini diketahui setelah dilakukan pengecekan terhadap air yang akan diproduksi di Laboratorium produksi pada Kamis, 9 Maret 2023.

Direktur utama PDAM Wae Mbeliling, Aurelius Endo mengungkapkan Air Sungai Wae Mese tercemar diduga adanya oli bekas pengerjaan proyek tambang oleh salah satu perusahaan yang dibuang ke sungai, akibat pencemaran tersebut menimbulkan bau menyengat, air berbusa dan berminyak.

"Pencemaran sudah terjadi dari hulu sungai Wae Mese. Akibat adanya dugaan pencemaran ini berdampak pada terganggunya pelayanan distribusi kepada pelanggan PDAM Wae Mbeliling Manggarai Barat," ungkapnya.

Baca Juga: Bangun Kemitraan Antar Desa Floratama, BPOLBF Gelar Rakor Soal MICE

Atas adanya pencemaran ini, produksi air bersih di SPAM Wae Mese disetop sementara. Hal itu, dikarenakan kadar timbal melebihi ambang maksimal yang dipersyaratkan oleh Dinas Kesehatan.

PDAM Wae Mbeliling Manggarai Barat telah berupaya semaksimal mungkin agar dapat meminimalisir gangguan yang terjadi akibat dugaan pencemaran ini.

"Semoga dugaan pencemaran ini segera dapat diatasi mulai dari hulu sehingga pelayanan PDAM Wae Mbeliling dapat kembali normal Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dalam kondisi ini," ungkap Endo.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah