Kabupaten di Pulau Timor ini Paling Besar,Ini Besaran Dana Alokasi Umum Setiap Kabupaten di NTT Tahun 2023

- 20 Februari 2023, 19:12 WIB
Kabupaten di Pulau Timor ini Paling Besar,Ini Besaran Dana Alokasi Umum  Setiap Kabupaten di NTT Tahun 2023
Kabupaten di Pulau Timor ini Paling Besar,Ini Besaran Dana Alokasi Umum Setiap Kabupaten di NTT Tahun 2023 /Labuan Bajo Terkini/Ist.

LABUAN  BAJO TERKINI- Dana Alokasi Umum (DAU) merupakan dana wajib yang dialokasikan Pemerintah Pusat kepada semua daerah otonom baik Provinsi maupun Kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.

Dana Alokasi Umum atau DAU selanjutnya merupakan bagian dari komponen Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD) untuk keberlangsungan pembangunan di daerah dalam satu tahun anggaran.

Baca Juga: Harga Beras Semua Kabupaten di Flores Terus Naik

Di Nusa Tenggara Timur alokasi DAU telah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan. Namun tahun ini, pengalokasian DAU dibagi menjadi dua bagian yakni DAU block grant (BG)dan DAU Specific grant (SG).

Apa beda keduanya? DAU BG diberikan ke pemerintah daerah dengan pengelolaan sesuai dengan kebutuhan daerah setempat.

Sementara DAU SG diberikan pemerintah pusat dengan peruntukan yang telah ditentukan seperti untuk penggajian PPPK yang lulus pada tahun lalu, pembiayaan pembangunan di bidang Pendidikan, Kesehatan dan Pekerjaan umum.

Bagaimana dengan besaran  Kabupaten dan kota di NTT tahun 2023? Berikut ini adalah jumlah alokasi DAU setiap Kabupaten di NTT tahun 2023.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani

Sumber: kemenkeu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah