WVI Bersama Kemendikbud Gelar Pelatihan Guru Fasilitator Penggerak Literasi di Manggarai Timur

- 27 April 2022, 09:09 WIB
WVI Bersama Kemendikbud Gelar Pelatihan Guru Fasilitator Penggerak Literasi di Manggarai Timur
WVI Bersama Kemendikbud Gelar Pelatihan Guru Fasilitator Penggerak Literasi di Manggarai Timur /Labuan Bajo Terkini/Elvis

LABUAN BAJO TERKINI, Wahana Visi Indonesia (WVI), organisasi kemanusiaan Kristen yang fokus terhadap anak tanpa membedakan suku, agama, ras, dan gender, bersama Kemendikbud menyelenggarakan pelatihan untuk Master Teacher Wahana Literasi di tingkat Kabupaten Manggarai Timur dalam rangka meningkatkan kapasitas fasilitator penggerak literasi (Training of Trainers).

Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari guru, kepala sekolah dan Dinas Pendidikan Manggarai Timur, untuk mempersiapkan para master teacher yang akan menjadi pemateri tentang Wahana Literasi dalam pelatihan di level Kelompok Kerja Guru (KKG), gugus maupun di level sekolah. Kegiatan ini dibuka secara resmi  oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai, Blasius Teto pada Senin 25 April 2022.

Dalam sambutannya, Blasius teto menyampaikan, “Guru memainkan peranan sangat penting untuk membuat siswa mampu belajar membaca di kelas-kelas awal. Namun demikian, tidak semua guru memiliki prasyaratan keterampilan dan pengetahuan yang diharapkan agar dapat secara efektif memainkan peran tersebut. Oleh karena itu, harus ada upaya yang dilakukan secara terus menerus sampai pada satu titik dimana literasi harus menjadi budaya atau pembiasaan pada anak-anak kita.”kata Belasius.

Baca Juga: WVI Bersama Pemdes Satar Tesem Deklarasikan Program Menuju Desa Layak Anak

Dia menjelaskan, agar program literasi ini dapat berhasil dengan baik, maka kebiasaan membaca harus dimulai dari guru itu sendiri. Guru juga harus dengan sabar dan terus menerus mengajak siswa-siswi untuk menyukai membaca, harus ada kreasi dari para guru untuk menciptakan suasana sekolah yang literat, dan yang terakhir, memulai dengan cara yang sederhana dan mengedepankan krearifan lokal.


“Semoga lebih banyak lagi guru-guru yang akan dilibatkan dalam kegiatan seperti ini, dan saya menyampaikan terima kasih kepada WVI yang sudah senantiasa mendampingi 42 sekolah di Lambaleda Timur dan Lambaleda Selatan,”jelasnya.

Sementara itu, Manager Program Organisasi Penggerak (POP) WVI, Hotmianida R. Panjaitan menyampaikan bahwa begitu banyak praktek baik yang dihasilkan dari kegiatan POP tahap 1 di Manggarai Timur yang berlangsung sejak 2021. Ia melihat banyak pencapaian seperti penilaian formatif, desain kelas literasi dan pendidikan kintektual yang sudah terjadi di sekolah.

Baca Juga: Bersama WVI, Desa Pocong Deklarasikan Program Menuju Desa Layak Anak
”Kami sangat bersyukur banyak program yang bersinergi untuk mendukung Program Organisasi Penggerak di Manggarai Timur saat ini menjadi lebih baik. Untuk kegiatan-kegiatan POP tahap 2, rencananya akan dijalankan di 42 sekolah hingga bulan November dan diawali dengan pelatihan kepada 19 master teacher dan dengan materi lanjutan dari POP tahap 1,” jelas Hotmianida.


Lebih lanjut, Ia sangat bersyukur pada POP fase 2 ini, pelatihan dapat dilakukan secara tatap muka,  sehingga materi yang diterima oleh para master teacher mampu dipahami secara jelas.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x