Bendungan Jebol di Mabar, Aktivis Lingkungan Minta Polisi Segera Usut Dugaan Pelaku Kejahatan Lingkungan

- 15 April 2022, 10:50 WIB
kerusakan Bendungan Wae Cebong yang di Desa Compang Longgo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.
kerusakan Bendungan Wae Cebong yang di Desa Compang Longgo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. /Labuan Bajo Terkini

LABUAN BAJO TERKINI - Sekretaris Jendral Pergerakan Kedaulatan Rakyat (PKR),Yosef Sampurna Nggarang, mendesak Polres  Manggarai Barat, NTT, untuk segera usut dugaan kejahatan lingkungan dan kerusakan Bendungan Wae Cebong yang di Desa Compang Longgo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Ia meminta Polres Mabar dan tim gabungan untuk segera turun melihat langsung ke lokasi Kali Wae Mese dan Bendungan Wae Cebong yang sejak tahun 2021 sudah tidak berfungsi.

Dirinya mengaku, sudah turun langsung ke lokasi bendungan pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Bantu Mama Emilia Pengidap Tumor Payudara Stadium Tiga yang Butuh Biaya Perawatan

"Hasil pengamatan langsung saya di lapangan, mengindikasikan, diduga kerusakan bendungan Wae Cebong ada korelasi dengan aktivitas perusahaan pertambangan yang beroperasi di wilayah kali. Itu sangat massif hingga mendekat ke sayap bendungan. Akibatnya, tanggul bendungan jebol,” tegad Yos dalam keterangan tertulis yang diterima,  Rabu siang

Ia melanjutkan, beberapa waktu lalu dirinya bersama dengan teman-teman aktivis lingkungan dan beberapa Jurnalis melihat langsung kondisi kali dan bendungan.

“Begitu miris jika kita lihat langsung di lapangan. Ada beberapa hal yang mengusik hati kami, saluran yang tadinya mengalirkan air ke bendungan Wae Cebong terlihat sudah kering karena sudah terbentuk DAS baru,” ungkap Yos.

Lebih miris lagi, lanjut dia, DAS baru itu terbentuk di lahan atau kebun warga. Jadi,masyarakat mengalami kerugian banyak.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x