Tanggul Bendungan di Manggarai Barat Jebol, Ratusan Hektar Sawah Terancam Kekeringan

- 22 Maret 2022, 08:33 WIB
Tanggul di Bendungan Wae Cebong, di Desa Compang Longgo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, jebol diterjang banjir pada tahun 2021.
Tanggul di Bendungan Wae Cebong, di Desa Compang Longgo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, jebol diterjang banjir pada tahun 2021. /Labuan Bajo Terkini

LABUAN BAJO TERKINI - Tanggul Bendungan Wae Cebong, Desa Compang Longgo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, jebol diterjang banjir pada tahun 2021 lalu.

Sejak jebol, belum ada perbaikan dan perhatian dari pemerintah daerah NTT.

Pantauan media ini di lokasi, panjang tanggul bendungan yang jebol tersebut sekitar puluhan meter. Tanggul tersebut nyaris jebol total.

Akibatnya, kini, air tak lagi mengalir ke bendungan untuk dialirkan ke saluran irigasi persawahan Walang.

Baca Juga: Di Elar Selatan, Siswi Kelas 3 SD Diduga Jadi Korban Pencabulan Gurunya Sendiri

Bendungan sudah mulai mengering. Begitu juga dengan saluran irigasi menuju ratusan hektar milik petani desa Compang Langgo itu.

Belasius Jaga, Ketua BPD yang juga petani di desa itu, menuturkan, tanggul bendungan Wae Cebong itu jebol pada tahun 2021 lalu.

Ia melanjutkan, tanggul itu jebol pasca ada pengerukan batu dan pasir oleh sebuah perusahaan di dekat bendungan tersebut.

"Banjir bandang tahun 2019 dan sebelumnya, tanggul bendungan itu aman-aman saja. Tetapi, karena ada pengerukan sekitar 50 meter dekat bendungan, sisi kiri tanggul itu terkikis dan tersapu banjir," tutur Belasius saat ditemui  di lokasi, Senin (21/3/2022) pagi.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Terkait

Terkini

x