Potret Kemegahan Gedung Afirmasi Puskesmas Mamba yang Baru Diresmikan Bupati Agas

- 24 Februari 2022, 13:46 WIB
Halaman Depan Puskesmas Mamba
Halaman Depan Puskesmas Mamba /Labuan Bajo Terkini/Elvis

LABUAN BAJO TERKINI- Terletak di Pedalaman Kabupaten Manggarai Timur, NTT, gedung Puskesmas Mamba di Kecamatan Elar Selatan ini berdiri megah.

Gedung yang dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi tahun 2021 ini menelan biaya sebesar Rp 9 Miliar lebih dan telah diresmikan Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas pada Rabu 23 Februari 2022.

Dengan dana fantastis ini juga menempatkan gedung afirmasi Puskesmas Mamba menjadi bangunan puskesmas afirmasi dengan nilai paling besar dari 11 gedung puskesmas afirmasi yang telah dibangun di daerah itu.

Baca Juga: Resmikan Puskesmas Afirmasi Mamba, Bupati Agas: Sehat Itu Mahal, Sakit Itu Murah

Puskesmas Mamba sendiri saat ini baru berusia 19 tahun. Pada tahun 2003, puskesmas Mamba menjadi puskesmas definitif usai dimekarkan dari Puskesmas Elar.

Sebelumnya, yakni pada tahun 1990 hingga 1994 statusnya masih menjadi Balai Pengobatan, dari 1994 hingga 2003 statusnya naik menjadi Puskesmas Pembantu (Pustu) lalu kemudian resmi menjadi Puskesmas oleh Pemkab Manggarai kala itu.

Karena keterbatasan fasilitas pada 2003, pelayanan kesehatan dan administrasi puskesmas Mamba dilakukan di aula Paroki Salib Suci Mamba. Baru pada 2004 operasional puskesmas Mamba menggunakan gedung baru.

Selama tahun 17 tahun Puskesmas Mamba terus berkembang. Berbagai gedung dibangun, hingga 2021 tercatat bangunan puskesmas Mamba memiliki 4 Gedung utama yang terdiri dari; gedung rawat Jalan, Laboratorium, gedung persalinan, dan gedung admin.

Baca Juga: Menkominfo Dorong Kelahiran Talenta Digital di NTT

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Terkait

Terkini

x