Ikut Menyaksikan Festival Adat Kedel, Turis Asal Belanda: Sebuah Kehormatan Bisa Ada Disini

- 16 September 2022, 23:04 WIB
Gerrit Bril (Memegang Tameng) saat mencoba ikut dalam permainan Caci pada Festival Adat Kedel
Gerrit Bril (Memegang Tameng) saat mencoba ikut dalam permainan Caci pada Festival Adat Kedel /

LABUAN BAJO TERKINI- Festival Adat Kedel di Kampung Kedel, Desa Watu Lanur, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Manggarai Timur, NTT berhasil membuat Gerrit Bril, seorang wisatawan asal Belanda berdecak kagum.

Gerrit Bril yang menyaksikan festival bernuansa budaya itu  sejak Rabu  14 September lalu mengaku sangat takjub dengan kekayaan warisan budaya yang dimiliki masyarakat setempat.

Salah satu hal yang membuat Gerrit kagum adalah ketika dirinya menyaksikan pementasan tarian caci yang berlangsung selama dua hari pada festival itu.

Baca Juga: SMPN 4 Poco Ranaka Bersama Komunitas Budaya Sukses Menggelar Festival Adat Kedel

Selain pementasan tarian caci, penampilan para pelajar SMPN 4 Poco Ranaka melalui tarian kreasi serta teater juga menjadi hal lain yang ia kagumi pada festival ini.

"Ini pertama kalinya saya menyaksikan festival luar biasa seperti di Watu Lanur ini. Sangat menyenangkan berada di sini dan saya sangat menikmatinya, "kata Gerrit Briill saat bercerita dengan media ini disela Festival Adat Kedel, Jumat 16 September 2022.

Menurut Gerrit, Festival Adat Kedel ini sangat baik untuk terus dibuat oleh masyarakat Kedel karena bagian dari melestarikan budaya yang menjadi warisan leluhur.

Dia berharap, Festival Adat Kedel bisa menjadi momentun untuk pelestarian budaya masyarakat setempat kedepannya.

"Festival ini sangat baik dan baik untuk terus dilakukan. Saya menikmati tarian caci yang dipentaskan disini. Mereka menari dan bertarung dengan  baik, para  penonton menyukai pertunjukan yang penuh warna ini, "kata Gerrit.

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x