Krisis Air Global, Wapres Ungkap Hal Ini Sebagai Pemicunya

- 14 Maret 2022, 18:04 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (kanan) saat membuka acara The 2nd Asia International Water Week (AIWW) di Labuan Bajo, Senin 14 Maret 2022.
Wapres Ma'ruf Amin (kanan) saat membuka acara The 2nd Asia International Water Week (AIWW) di Labuan Bajo, Senin 14 Maret 2022. /Instagram/@kyai_marufamin

LABUAN BAJO TERKINI - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menyebut saat ini di banyak wilayah di dunia sedang mengalami krisis air.

Krisis air ini perlu mendapat perhatian serius komunitas global. Salah satunya adalah dengan memberikan perhatian khusus pada isu air, terutama menyangkut ketersediaan air bersih.

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan hal tersebut saat membuka acara The 2nd Asia International Water Week (AIWW) yang diselenggarakan oleh The Asia Water Council bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin 14 Maret 2022.

"Saya mengajak perhatian dan kerja sama dari komunitas global agar memperhatikan isu air, khususnya terkait ketersediaan air bersih," ungkapnya.

Baca Juga: Wapres: Air Bersih dan Sanitasi Kurangi Kemiskinan

Wapres mengatakan, sebagian besar bumi memang berisi air. Bahkan hampir 71 persennya. Namun demikian, hanya 13 persen di antaranya berupa air tawar yang bisa dimanfaatkan.

"Permasalahan air memang mendasar dan krusial untuk kehidupan," tegas Wapres, dalam konferensi dengan tema 'Sustainable, Clean, and Sufficient Water for All' ini.

Pada kesempatan tersebut, Wapres pun menyebut salah satu pemicu krisis air global.

"Pertambahan penduduk dan pembangunan, secara otomatis meningkatkan konsumsi air bersih," ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi: IKN Nusantara untuk Pemerataan Ekonomi

Halaman:

Editor: Marianus Susanto Edison


Tags

Terkait

Terkini

x