Pelatihan TIK untuk Guru dan Kepsek di Matim Terobosan Percepat Digitalisasi Sekolah

- 15 Oktober 2021, 16:35 WIB
Pelatihan TIK Virtual WVI bersama Kepsek dan Guru di Matim
Pelatihan TIK Virtual WVI bersama Kepsek dan Guru di Matim /

 


LABUAN BAJO TERKINI- Wahana Visi Indonesia (WVI) menggelar pelatihan TOT Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di tingkat sekolah Dasar, Jumat 15 Oktober hingga Sabtu 16 Oktotober 2021.


Kegiatan dalam rangka meningkatkan kapasitas guru dan kepala sekolah ini menyasar para Kepala Sekolah dan Guru di 42 Sekolah Program Organisasi Penggerak (POP) di Kabupaten Manggarai Timur,NTT.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas PPO Manggarai Timur melalui Kepala seksi Peserta didik dan pengelolaan pembelajaran Sekolah Dasar, Vinsensius Borem Harmanowando.

Vinsensius dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan pelatihan TIK ini sangat penting bagi para guru maupun Kepala Sekolah.

Menurut Vinsensius, saat ini lembaga pendidikan sebagai kunci kesuksesan generasi penerus harus terus meningkatkan mutu sehingga reputasi bidang pendidikan di Matim kedepan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

"Semua guru harus mampu menjadi fasilitator yang baik bagi siswa-siswa sehingga siswa-siswa juga dapat menjadi fasilitator yang baik untuk sesama mereka.
Guru-guru harus terus berupaya meningkatkan kompetensinya, mengontrol dan menyaring informasi bagi siswa karena saat ini sekolah bukanlah satu-satunya tempat belajar bagi anak, mereka juga bisa mendapatkan informasi dari mana saja,"kata Vinsensius dalam sambutannya.

Lebih lanjut dia Menjelaskan, kebijakan program yang ada harus mengarah pada satu muara yang sama yaitu meningkatkan taraf kesehjateraan kemanusiaan menjadi lebih baik.

"Pendidikan itu sendiri dengan segala kebijakan dan fasiltitas yang ada harus menjelaskan siapa manusia dan siswa itu sendiri, dan harus menjadi sarana untuk mencapai satu titik. Manusia yang berkarya, berkarakter dan berinovatif",tegasnya.

Sementara itu, Nasional Program Manager POP WVI, Hotmianida Rosdelina Panjaitan menyampaikan bahwa dari kegiatan ini diharapkan, kegiatan ini membawa manfaat baik bagi para peserta.

"Semoga kita semua mendapatkan manfaat yang baik dari materi yang disampaikan hari ini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan metoda pembelajaran khusunya dimasa pandemic ini sehingga siswa- siswi walau berada di rumah tetap merasa belajar,"kata Mian.

Mian juga menyampaikan pentingnya saling berbagi pengetahuan yang sudah didapat dari pelatihan tersebut, sebagai bahan pembelajaran untuk guru-guru lain. Dampak dari pelatihan ini diharapkan akan membawa perubahan bagi kelancaran proses pembelajaran disekolah.

Untuk Diketahui, Pelatihan TOT TIK untuk POP adalah sebuah terobosan untuk mempercepat digitalisasi sekolah dan juga meningkatkan kapasitas guru dan tenaga kependidikan terkait aplikasi TIK dalam pembelajaran.

Komitmen Wahana Visi Indonesia untuk mensukseskan program dari Kemendikbud-Ristek dalam bingkai Merdeka Belajar adalah mendorong aktivasi Akun Pembelajaran sebagai akun Single Sign-On bagi semua guru di Indonesia.

Untuk mempersiapkan para Master Teacher terkait TIK inilah WVI melakukan pelatihan kepada pelatih (ToT) TIK tentang penggunaan Akun Pembelajaran belajar.id. Fokus kompetensi dan keterampilan yang akan dikembangkan untuk tahap ini adalah fokus pada aplikasi Forms dan Classroom.***

Editor: Silvester Yunani


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X