Kemenkominfo 'Take Down' 5.666 Hoaks Terkait Covid-19 di Medsos

- 11 Mei 2022, 18:49 WIB
Tangkapan layar - Grafis data penanganan hoaks terkait Covid-19 di media sosial yang dirilis Kemenkominfo di kominfo.go.id.
Tangkapan layar - Grafis data penanganan hoaks terkait Covid-19 di media sosial yang dirilis Kemenkominfo di kominfo.go.id. /Labuan Bajo Terkini/Marianus Susanto Edison

LABUAN BAJO TERKINI - Hoaks terkait Covid-19 masih terus beredar luas di media sosial (Medsos). Kondisi ini mendapat perhatian khusus dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

Bahkan berdasarkan data hingga 11 Mei 2022, Kemenkominfo telah melakukan take down atau menurunkan sebanyak 5.666 hoaks terkait Covid-19 dari total sebaran 5.946 hoaks yang dihimpun sejak 23 Januari 2020.

Berdasarkan data Kemenkominfo, platform media sosial Facebook masih menjadi tempat penyebaran terbanyak hoaks seputar Covid-19.

Dari total 5.946 hoaks yang beredar luas, sebanyak 5.219 di antaranya tersebar melalui Facebook.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Karhutla di NTT

Sebaran terbanyak kedua terdata di Twitter, yaitu 578 hoaks. YouTube menjadi tempat penyebaran hoaks Covis-19 terbanyak ketiga dengan 55 hoaks.

Sisanya, hoaks tersebar di platform berbagi foto dan video Instagram dengan 52 sebaran serta TikTok, platform video singkat, sebanyak 42 sebaran.

Dari keseluruhan hoaks di platform tersebut, masih ada 280 konten yang sedang ditindaklanjuti.

Baca Juga: Polisi Tangkap Terduga Pelaku Perusakan Mesin ATM BNI di Labuan Bajo

Selain melakukan take down, Kemenkominfo juga membawa 767 konten ke ranah hukum. Di antaranya terkait isu vaksin Covid-19, harga eceran tertinggi obat Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Halaman:

Editor: Marianus Susanto Edison

Sumber: Kominfo


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x