Setiap Tahun 5.818 Gempa Bumi Guncang Indonesia

- 16 Maret 2022, 23:38 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /Pixabay

LABUAN BAJO TERKINI - Berdasarkan data yang diambil sejak tahun 2008, rata-rata sebanyak 5.818 gempa bumi mengguncang wilayah di Indonesia setiap tahunnya.

Adapun gempa bumi signifikan dengan magnitudo (M) 5,0 ke atas terjadi sekitar 350 kali per tahun.

"Gempa merusak rata-rata 10 kali dan dua tahun sekali terjadi gempa besar berpotensi tsunami," kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono.

Ia memaparkan hal ini dalam webinar sosialisasi mitigasi gempa bumi dan tsunami untuk daerah berisiko, yang dipantau secara daring, Rabu 16 Maret 2022.

Baca Juga: NTB Satu-satunya Provinsi dengan Status PPKM Level 1

Daryono menjelaskan, Indonesia memiliki sejumlah zona megathrust sebanyak 13 segmen yang ada di Sumatera, selatan Jawa, Sulawesi, laut Maluku dan tanah Papua, yang mana ada lempeng samudra yang menghujam ke bawah lempeng benua.

Hal ini, menurut Daryono, berimplikasi pada banyaknya aktivitas gempa bumi di bidang kontak zona tersebut.

Saat dua lempeng ini bertemu dan saling menekan, terdapat akumulasi tegangan tektonik yang sangat besar sehingga bisa mengeluarkan gempa bumi besar.

Baca Juga: 925 Pasien Covid-19 di NTT Sembuh

Di Indonesia, lanjut dia, telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo di atas 8 lebih dari 20 kali sejak tahun 1600, dan 90 persen lebih terjadi tsunami yang cukup dahsyat, sehingga zona kekosongan gempa besar harus diwaspadai.

Halaman:

Editor: Marianus Susanto Edison

Sumber: Antara


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x