Presiden Jokowi: IKN Nusantara untuk Pemerataan Ekonomi

- 14 Maret 2022, 09:01 WIB
Desain Istana IKN Nusantara yang telah disetujui oleh Presiden Jokowi.
Desain Istana IKN Nusantara yang telah disetujui oleh Presiden Jokowi. /Instagram/@nyoman_nuarta

LABUAN BAJO TERKINI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah saat ini sedang membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur.

Pembangunan IKN Nusantara, menurut dia, dalam rangka pemerataan ekonomi. Jadi bukan berarti pemerintah akan meninggalkan DKI Jakarta.

"Bukan berarti kita ingin meninggalkan DKI Jakarta, jangan ada yang mengartikan itu," ujar Presiden Jokowi, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Konferensi AIWW Jadi Agenda Perdana Kegiatan Sampingan G20 di Labuan Bajo

Kepala Negara menegaskan hal itu saat memberi arahan kepada para gubernur se-Indonesia terkait penanganan Covid-19 hingga APBD di Balikpapan, Minggu 13 Maret 2022.

Presiden Jokowi menjelaskan, pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta dilakukan untuk pemerataan ekonomi. Jadi, pertumbuhan ekonomi tidak terpusat di Pulau Jawa, khususnya di DKI Jakarta.

"Karena negara kita ini besar sekali 17 ribu pulau, Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi 58 persen ada di Jawa, saat ini magnetnya ada di DKI Jakarta," ucapnya.

Baca Juga: Proyek KSPN Bernilai Ratusan Miliar di Labuan Bajo Disegel, Ada Apa?

"56 persen populasi ada di Jawa sehingga terjadi ketimpangan ekonomi, ketimpangan infrastruktur,” imbuh Presiden Jokowi.

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, lanjut Kepala Negara, akan menjadi kota dengan standar internasional yang memiliki berbagai fasilitas dengan standar internasional pula.

Halaman:

Editor: Marianus Susanto Edison

Sumber: Antara


Tags

Terkait

Terkini

x