Kick Off Tourism Working Group G20, Awal Kebangkitan Ekonomi Nasional Sektor Pariwisata Berbasis Masyarakat

- 19 Februari 2022, 17:13 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat membuka Tourism  Working Group
Menparekraf Sandiaga Uno saat membuka Tourism Working Group /Labuan Bajo Terkini/HO- Menparekraf

LABUAN BAJO TERKINI- Penetapan Indonesia sebagai Presidensi G20 menghadirkan pembahasan dalam dua jalur pertemuan, salah satunya adalah jalur Sherpa atau Sherpa Track yang fokus pada pembahasan isu ekonomi non-keuangan dan termasuk di dalamnya sektor pariwisata.

Melalui Kick Off Tourism Working Group G20_ awal minggu ini, bertema "Percepatan Pemulihan Sektor Pariwisata Berbasis Masyarakat", Kemenparekraf akan fokus pada upaya transformasi pariwisata berbasis komunitas dan UMKM demi pariwisata yang lebih tangguh.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan bahwa Tourism Working Group G20 yang akan diadakan di Indonesia memiliki beberapa manfaat yaitu sebagai momentum pemulihan pariwisata di Indonesia dan ekonomi global pasca pandemi dan untuk meningkatkan kualitas SDM dan ekonomi kreatif destinasi wisata Indonesia yang berbasis transformasi digital. 

Baca Juga: Pesan Pariwisata Labuan Bajo Menuju KTT G20: Pulih dan Tanggung Bersama Membangun Pariwisata Berkelanjutan

"Kami siap gerak cepat dan berkolaborasi untuk menyukseskan ajang internasional ini yang kami perkirakan akan mampu menciptakan ratusan ribu lapangan kerja dan tonggak kebangkitan perekonomian nasional dan penyelenggaraan event yang akan berlangsung akan meningkatkan kualitas pariwisata berdasarkan protokol kesehatan dan ramah lingkungan"jelas Sandiaga.

Sementara itu, Zurab Pololikashvili. Sekretaris Jenderal UNWTO (United Nations World Tourism Organization) mengucapkan selamat atas terpilihnya Indonesia sebagai lokasi penyelengaraan G20 dan ia secara pribadi sangat bersemangat untuk datang ke Indonesia.

Zurab sepakat dengan tema Kelompok Kerja Bidang Pariwisata karena menurutnya elemen kolaborasi dan solidaritas semua pihak khususnya masyarakat merupakan kekuatan untuk keluar dari pandemi.

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Wisnu Bawa Tarunajaya saat kegiatan Kick Off tersebut menyampaikan Laporan Perkembangan Persiapan Presidensi G20 Kelompok Kerja Bidang Pariwisata yang meliputi jadwal penyelenggaraan kegiatan dan lokasi yang ditetapkan.

"Presidensi G20 Indonesia secara nasional telah resmi ditetapkan sejak tanggal 1 Desember 2021 dan saat ini kami telah menjadwalkan rangkaian pertemuan Kelompok Kerja G20 Bidang Pariwisata sepanjang Tahun 2022 yang akan bermuara pada pertemuan tingkat Menteri Pariwisata di bulan September tahun 2022."kata Wisnu

Halaman:

Editor: Silvester Yunani


Tags

Terkait

Terkini

x