Ketua Umum Asparnas: Labuan Bajo Bisa Nyalip Bali, Ini Syaratnya

- 22 November 2021, 20:51 WIB
Ketua Umum Asosiasi Pariwisata Nasional, Dr Ngadiman.
Ketua Umum Asosiasi Pariwisata Nasional, Dr Ngadiman. /Labuan Bajo Terkini/ Marianus Susanto Edison

LABUAN BAJO TERKINI - Pemerintah menetapkan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai daerah pariwisata super premium. Labuan Bajo juga ditargetkan menjadi satu dari 10 Bali baru.

Label pariwisata super premium hingga target menjadi Bali baru ini, tak berlebihan. Sebab daerah dengan ikon biawak purba Komodo itu memang memiliki pesona alam yang menggetarkan.

Hanya saja, tak mudah bagi Labuan Bajo untuk sampai ke titik itu. Banyak pihak menilai, Labuan Bajo masih perlu berbenah untuk bisa sejajar dengan Bali, bahkan menyalip pamor wisata Pulau Dewata itu.

"Jika dikelola dengan baik, saya yakin, Labuan Bajo bisa melampaui Bali. Minimal setara Bali," kata Ketua Umum Asparnas (Asosiasi Pariwisata Nasional) Dr Ngadiman, di Labuan Bajo, Senin 22 November 2021.

Baca Juga: Armand Maulana: Labuan Bajo Keren, Tak Usah Jauh-jauh ke Luar Negeri

Menurut dia, ada beberapa pekerjaan rumah yang harus segera dilakukan jika pariwisata Labuan Bajo ingin terbang tinggi. Salah satunya, membenahi Bandara Internasional Komodo.

"Jika benar Changi Airport International PTE LTD yang mengelola Bandara Komodo di Labuan Bajo, maka itu baik sekali," tutur Diman, sapaan akrabnya.

"Tetapi Bandara Komodo masih harus dibenahi, karena saat ini belum cukup memadai. Akan sangat baik jika ada penerbangan langsung dari luar negeri ke Labuan Bajo," imbuh owner Loccal Collection Hotel Labuan Bajo ini.

Baca Juga: Bank Indonesia: Kunjungan Wisatawan Meningkat, Pariwisata NTT Mulai Pulih

Syarat lainnya, menurut Ngadiman, pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Barat harus mengimbangi upaya pemerintah pusat dalam menata infrastruktur pendukung pariwisata di ujung barat Pulau Flores itu.

Halaman:

Editor: Marianus Susanto Edison


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X