Mensos Ungkap 31.624 ASN Terima Bansos

- 19 November 2021, 07:11 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini.
Menteri Sosial Tri Rismaharini. /Dok Kemensos.go.id

LABUAN BAJO TERKINI - Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini mengungkapkan bahwa sebanyak 31.624 aparatur sipil negara (ASN) di 511 kota/ kabupaten di Indonesia masih menerima bantuan sosial (Bansos).

Data ASN terima bansos tersebut mengejutkan, mengingat sesuai aturan, ASN tidak boleh mendapatkan bantuan apapun dari program pengentasan masyarakat miskin.

Menurut dia, dikutip dari Antara, pihaknya mendapatkan data tersebut berdasarkan hasil pemutakhiran data kemiskinan dengan metode Geo-Tagging data spasial dari citra satelit.

Baca Juga: Kominfo: 1.991 Isu Hoaks Seputar Covid-19, dari Vaksinasi Hingga PPKM

"Sebanyak 31.624 ASN masih menerima bantuan sosial. Padahal, ASN tidak boleh mendapatkan bantuan apapun dari program pengentasan masyarakat miskin," kata Tri Rismaharini, dalam keterangan pers di Gedung Kemensos, Jakarta, Kamis 18 November 2021.

Data verifikasi ASN tersebut, menurut mantan wali kota Surabaya ini, merupakan hasil konsinyasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Dari data tersebut, ASN yang aktif sebanyak 28.965 orang. Mereka tersebar di 511 kota/ kabupaten di 34 provinsi," beber Tri Rismaharini.

Baca Juga: Kemnaker Warning Pengusaha Terkait Upah Minimum Pekerja, Bisa Pidana Penjara Empat Tahun

Pada kesempatan tersebut, Mensos memaparkan enam metode pemutakhiran data kemiskinan yang dilakukan kementerian yang dipimpinnya.

Selain guna memperbaiki kualitas data, keenam metode ini diharapkan bisa meningkatkan ketepatan sasaran penerima bansos.

Halaman:

Editor: Marianus Susanto Edison

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X