Wapres: Air Bersih dan Sanitasi Kurangi Kemiskinan

- 14 Maret 2022, 16:41 WIB
Wapres Ma'ruf Amin saat membuka acara The 2nd Asia International Water Week (AIWW) di Labuan Bajo, Senin 14 Maret 2022.
Wapres Ma'ruf Amin saat membuka acara The 2nd Asia International Water Week (AIWW) di Labuan Bajo, Senin 14 Maret 2022. /Instagram/@kyai_marufamin

LABUAN BAJO TERKINI - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengungkapkan keterkaitan antara air bersih dan sanitasi dengan kemiskinan di Indonesia.

Menurut Wapres, banyak daerah miskin di Indonesia karena minimnya ketersediaan air bersih dan sanitasi. Padahal, kedua hal ini dapat mengurangi tingkat kemiskinan.

Wapres mengungkapkan hal tersebut, usai membuka acara The 2nd Asia International Water Week (AIWW) yang diselenggarakan oleh The Asia Water Council bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin 14 Maret 2022.

Baca Juga: Konferensi AIWW Jadi Agenda Perdana Kegiatan Sampingan G20 di Labuan Bajo

"Bagi kita di Indonesia (ketersediaan air) menjadi masalah karena kita memang memerlukan air, dan mengatasi stunting (tengkes) juga perlu ketersediaan air," ucapnya.

"Air dan sanitasi dapat mengurangi kemiskinan. Daerah-daerah miskin itu sangat kurang air dan sanitasi," imbuh Ma'ruf Amin, dalam acara sampingan atau side event perdana Presidensi G20 di Labuan Bajo ini.

Wapres tak menampik jika ketersediaan air bersih bagi penduduk dunia masih kurang, walaupun sesungguhnya air banyak.

"Air sih banyak. Akan tetapi, air bersihnya yang kurang, sehingga perlu upaya-upaya (penyelesaian) di samping karena akibat dari pada climate change itu menjadi masalah," tuturnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi: IKN Nusantara untuk Pemerataan Ekonomi

Penyediaan air bersih, demikian Wapres, juga menjadi salah satu program pemerintah untuk mencapai SDM unggul. Sebab SDM unggul juga sangat terkait dengan kesehatan, dan kesehatan terkait dengan air.

Halaman:

Editor: Marianus Susanto Edison


Tags

Terkait

Terkini

x