Hari Ini Tepat 8 Tahun Paus Fransiskus Terpilih Memimpin Takhta Suci

- 13 Maret 2021, 19:38 WIB
Paus Fransiskus
Paus Fransiskus /Vatican News/




LABUAN BAJO TERKINI- 13 Maret 2013 lalu menjadi hari bersejarah bagi umat Katolik Dunia.

Setelah Paus Benediktus XVI menyatakan pengunduran diri, Gereja Katolik melalui takhta suci Vatikan memutuskan untuk memilih Paus baru sebagai pemimpin umat Katolik seluruh dunia.

Jorge Mario Bergoglio atau yang belakangan kita kenal dengan Paus Fransiskus terpilih menjadi Paus ke 266 dalam sejarah Gereja Katolik.

Baca Juga: Akan Ditahbiskan Pada 20 Mei Mendatang, Ini Profil Uskup Sibolga Yang Baru

Saat itu, Jorge terpilih saat berusia 77 tahun. Ia terpilih melalui rapat konklaf hari kedua yang jatuh pada 13 Maret 2013.

Pria kelahiran Buenos Aries, Argentina 16 Desember 1936 itu sebelumnya dikenal sebagai uskup Agung Buenos Aries sejak sejak tahun 1998 hingga 2013.

Dia juga ditunjuk takhta suci sejak 2001 sebagai Kardinal imam gereja san Roberto serta Ordinaris Katolik Timur di Argentina sejak 1998 hingga 2013.

Baca Juga: Ritual Mandi Bersama Tanpa Busana Hingga Kawin Gaib, Belasan Orang Diciduk Aparat

Menariknya, Paus Fransiskus merupakan paus pertama non eropa dari Benua Amerika selama 1272 tahun terakhir. Dia juga tercatat sebagai paus pertama dari ordo Yesuit.

Sejak terpilih menjadi Paus, gebrakan dalam internal maupun eksternal Gereja telah ia lakukan. Terakhir dia melakukan kunjungan bersejarah ke Irak yang lama dilanda peperangan.***

Editor: Silvester Yunani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X