Gilang Ramadhan: Musik Tradisional Harus Dijaga

- 17 Mei 2022, 11:21 WIB
Gilang Ramadhan.
Gilang Ramadhan. /Instagram/@gilangramadhan.drummer

LABUAN BAJO TERKINI - Musisi Gilang Ramadhan bertandang ke Samarinda, Kalimantan Timur, Senin 16 Mei 2022.

Kedatangan salah satu drummer terbaik di Tanah Air itu dalam rangka membawa misi dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai upaya menjaga dan melestarikan musik tradisional di Indonesia, termasuk di Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam kunjungan kali ini, Gilang Ramadhan beraudiensi dengan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, di Rumah Jabatan Wagub Kaltim di Samarinda.

Ia didampingi sejumlah komunitas drummer saat menghadap Wagub Hadi Mulyadi yang kebetulan juga hobi menabuh drum.

Baca Juga: Hari Raya Waisak, 1.252 Narapidana Terima Remisi Khusus

“Sekiranya puluhan tahun sudah melakukan pendekatan dengan musisi tradisional dari seluruh provinsi, banyak musik tradisional yang harus dijaga dan dipelihara,” kata Gilang Ramadhan, usai bertemu Hadi Mulyadi.

Ia menambahkan, sebelum ke Kaltim, dirinya sudah mengunjungi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan bertemu dengan musisi tradisional di daerah itu.

Adapun di Samarinda, kehadirannya untuk menyosialisasikan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) Musik Tradisi Nusantara, sebagai bentuk komitmen perlindungan terhadap musik tradisional Indonesia.

Baca Juga: Survei Indometer: Tinggi, Tingkat Kepuasan Publik Atas Kinerja Presiden Jokowi

“Kita ingin ada kebijakan di daerah supaya menjaga musik tradisional. Dengan memutar musik tradisional di mal, hotel dan fasilitas publik lainnya. Ke depan juga sedang digarap agar di setiap provinsi ada anugerah musik tradisional Indonesia,” ujar Gilang Ramadhan.

Halaman:

Editor: Marianus Susanto Edison

Sumber: Antara


Tags

Terkait

Terkini

x